Selamat datang di my blog " Tiyasinfo "

Rabu, 01 Januari 2014

BEBERAPA TRADISI UNIK MERAYAKAN MALAM TAHUN BARU


Setiap Negara memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan tahun baru. Ada di Negara-negara tertentu mempunyai budaya unik yang tercermin dalam perayaan Tahun Baru mereka. Hasilnya, perayaan Tahun Baru jadi acara yang menarik, tak hanya sekedar pesta kembang api saja. Berikut ini adalah beberapa perayaan menarik dari Negara-negara berikut ini:

1.      Panama
Di Panama, saat tahun baru dirayakan sebuah tradisi unik yaitu membakar patung orang terkenal yang disebut munecos. Patung ini dapat berbentuk siapapun, mulai dari tokoh fiksi, hingga figur politik seperti Fidel Castro. Patung menyimbolkan tahun yang telah lalu dan membakarnya berarti melenyapkan roh jahat untuk menyambut tahun baru dengan bersih.

2.      Skotlandia
Tradisi tahun baru di Skotlandia adalah "pijakan pertama", yaitu sebuah tradisi turun-temurun yang menyatakan bahwa siapapun yang melewati ambang pintu rumahnya pertama kali harus memberikan sebuah hadiah (biasanya whisky) untuk keberuntungan. Penduduk Skotlandia juga mengadakan upacara api unggun, biasanya di sebuah desa nelayan kecil di Stonehaven dimana para penduduk berparade sambil mengayunkan bola api besar yang dipercaya sebagai simbol matahari untuk mensucikan tahun yang baru.

3.       Filipina
Di Filipina, saat Tahun Baru setiap rumah pasti menyediakan buah-buahan yang berbentuk bulat di mejanya untuk makan malam. Bentuk bulat ini merupakan representasi kesejahteraan yang diharapkan datang di tahun yang baru.

4.      Spanyol

Seperti Spanyol, mereka juga memakan 12 buah anggur saat pergantian tahun. Bentuk bulat ini juga terlihat dalam pakaian mereka, beberapa penduduk Filipina kerap mengenakan pakaian dengan motif polkadot saat malam tahun baru.

5.      Estonia
Para lelaki di Estonia merayakan tahun baru dengan makan sebanyak tujuh kali di hari pertama tahun baru. Makna dari makan sebanyak tujuh kali ini adalah, pria tersebut akan mendapatkan kekuatan sebesar tujuh lelaki selama tahun tersebut.

6.      Amerika Tengah dan Selatan
Di Brazil, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, tahun baru ditandai dengan mengenakan pakaian dalam baru yang berwarna cerah. Karena itulah beberapa hari sebelum Tahun Baru, pasar-pasar diramaikan dengan penawaran pakaian dalam berwarna-warni. Warna paling populer adalah merah dan kuning; merah melambangkan cinta dan kuning melambangkan uang atau kekayaan.


0 komentar:

Posting Komentar